Cara Memulai Bisnis ala Sandiaga Uno

Posted on 22 Februari 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Cara memulai bisnis ala Sandiaga Uno ini bisa dijadikan acuan bagi Anda yang ingin menjadi wirausaha. Sandiaga Uno mengaku memulai bisnis dari keahlian dan hobinya, yakni mengutak-atik laporan keuangan perusahaan. Itu sebabnya, usaha pertama Sandiaga Uno adalah menjadi konsultan keuangan.

Berikut ini adalah beberapa tips menjadi pengusaha sukses ala Sandiaga Uno:

1. Berani Mengambil Risiko

Menurut Sandiaga Uno, tidak ada pengusaha yang bisa sukses jika hanya berada di zona nyaman. Karena itu, pengusaha yang berani mengambil risiko akan lebih sukses dibanding yang tidak mau melangkah. Jika masih takut dalam mengambil risiko, berarti masih belum memiliki jiwa pengusaha. Tekadkan keinginan sebulat mungkin dalam berbisnis.

2. Rajin Berinovasi  

Menurut Sandiaga Uno, kesuksesan suatu bisnis bergantung pada diri sendiri, apakah kamu bisa berinovasi dan terus berusaha jika mengalami kegagalan. Seorang pengusaha yang sukses tidak akan pernah takut gagal dan terus melakukan inovasi pada bisnis yang ia kembangkan.

Jika gagal, teruslah maju dan jangan pernah berhenti dan hanya berfokus pada satu peluang saja. Cobalah cari cara lain yang mungkin bisa jadi peluang lainnya. Mencari jalan keluar lain dan berani untuk bereksplorasi adalah merupakan tekad yang benar dari seorang pengusaha.

3. Mencoba Berkolaborasi

Bagi Sandiaga Uno, tidak ada pengusaha yang bisa meraih kesuksesannya tanpa berkolaborasi dengan pihak lain. Karena itu, untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan, sangatlah penting untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Jangan lupa, untuk terus pro aktif dan memperluas networking untuk mencari partner kolaborasi terbaik. 

4. Menjaga Relasi

Tips terakhir adalah menjaga relasi yang kamu punya dalam berbisnis sebaik-baiknya. Sandiaga Uno sangat menekankan agar selalu menjaga hubungan baik dengan semua orang dalam berbisnis. Berdasarkan pengalamannya sendiri, ia berhasil sukses seperti sekarang karena bisa menjaga hubungan baik dengan banyak temannya.

Selain itu, menjalin komunikasi dengan para relasi juga bisa kamu manfaatkan sebagai alat kontribusi bisnis. Jika koneksi kamu besar, maka bisnis yang akan dijalankan akan semakin luas juga.

Related Posts