Jangan Hanya Bergantung dari 1 Sumber Penghasilan

Posted on 07 Januari 2022

Kemandirian finansial penting untuk dimiliki setiap orang baik untuk karyawan yang memiliki gaji tetap maupun bagi ibu rumah tangga. Untuk mencapai kemandirian finansial diperlukan sumber penghasilan lain yakni tidak hanya dari satu sumber penghasilan saja.

Menurut Mike Rini Sutikno seorang Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), mengatakan bila seseorang hanya bergantung pada satu sumber pendapatan berarti dia tidak mempersiapkan masa depan.

Mike menyebutkan, untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah bagaimana perlu mengalokasikan waktu. Adapun penghasilan tambahan berupa penghasilan aktif ataupun pasif. Penghasilan pasif biasanya melalui investasi.

Mike juga membagikan metodenya dalam berinvestasi, bahwa investasi perlu memiliki aspek cepat, mudah, murah, aman dan terjangkau.

“Pertama tapi aman dulu, kedua mudah, soalnya saya ibu rumah tangga,” ungkap Mike.“Jadi saya carinya (investasi) yang kalau saya ada waktu, habis saya belanja uang kembalian saya gunakan untuk beli emas, kemudian pakai fitur-fitur (investasi) yang otomatis,” jelasnya.

Namun apabila belum terbiasa berinvestasi, dia mengatakan agar memulai investasi dengan babystep. “Artinya begini, sambil belajar langsung praktek dan memang harus alokasikan sejumlah dana yang tidak terlalu besar khusus untuk belajar (investasi) itu tadi,” ujar Mike. Setelah demikian itu, Mike menegaskan agar melakukan hal tersebut harus konsisten dan dilakukan secara berulang.

“Intinya itu adalah anda lakukan secara babystep, kalau ingin memakai metode saya boleh. Kemudian lakukan juga secara konsisten dan harus berulan-ulang,” pungkasnya.

Related Posts