Pentingnya Mengetahui Iklan Digital

Posted on 10 November 2021

Sekarang kita sudah sangat terbiasa dengan hidup serba online. Apalagi saat menghadapi masa pandemi COVID-19, hampir semua kegiatan dilakukan di dalam rumah. Berbagai kegiatan mulai dari sekolah belajar-mengajar sampai aktivitas kantor, kita lakukan melalui online. Segala aktivitas yang dilakukan serba online ini, tidak heran penggunaan internet pun makin melesat tajam. Kita sendiri jadi makin update dengan informasi terbaru melalui portal berita online.

Karena tingginya penggunaan internet, maka tidak heran makin banyak pula iklan yang kita lihat baik di website. Mulai dari produk peralatan rumah tangga, perawatan badan, perawatan kulit, sampai makanan pun bisa dengan mudah kita temui informasinya melalui internet. Selama masa pandemi COVID-19 ini, semakin ribuan pula jumlah produsen yang menawarkan produknya.

Jika kita termasuk orang yang baru ingin memasang iklan produk melalui online, sebaiknya mengetahui tentang berbagai macam iklan digital. Kita sebaiknya juga harus menentukan jenis digital apa yang akan digunakan untuk mengiklankan bisnis. Iklan digital bisa jadi suatu tantangan, sekaligus bisa sangat mudah dengan platform yang tepat. Apa saja tipe-tipe iklan digital yang telah ada? Sama-sama kita akan dibahas mengenai apa saja tipe-tipe contoh iklan digital dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Native Advertising

Native Advertising merupakan bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk serupa dengan konten pada media tersebut. Bentuk serupa mulai dari segi tata letak penempatan, desain, hingga font yang digunakan.


Advertorial

Advertorial merupakan iklan yang dikemas dengan bentuk berita atau artikel. Tentunya dengan cara ini akan memberikan berbagai macam informasi yang sangat menarik bagi pembaca. Informasi tersebut berupa produk yang ditawarkan, kegiatan dari perusahaan atau brand, sampai keunggulan yang dimiliki produk tersebut.


Iklan Bergambar (Display Ads) 

Jika kita sedang membuka situs berita atau website lain, kita menemukan iklan di dalam website tersebut. Iklan inilah yang kita namakan Iklan Bergambar (Display Ads). Calon pelanggan yang melihat iklan bergambar akan ditargetkan setelah mencari produk atau layanan, atau kebetulan masuk di situs web yang berisi iklan tersebut. Biasanya saat menggunakan iklan bergambar, marketers akan memasarkan kepada orang-orang yang belum pernah mendengar produk kita. Iklan ini memang sangat bagus untuk meningkatkan brand awareness. Kita bisa memasang iklan produk kita dengan cara sangat mudah ke website seperti Okezone, Sindonews, atau iNews melalui RCTI Ads.


(Sumber gambar: RTE Media)

Related Posts