Rahasia UMKM Bertahan di Tengah Gelombang Covid-19, Pemerintah Harus Beli Produk Lokal!

Posted on 02 September 2020

Pandemi Covid-19 ini bukan hanya menyerang kesehatan dan memakan korban jiwa, bisnis pun ikut terdampak karenanya.

Tak sedikit bisnis mengalami pelambatan perkembangan dengan profit yang kurang maksimal.

Terlebih melihat perkembangan ekonomi Indonesia.

Belum lama ini Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jika perlu adanya trasnformasi terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar bisa menang menghadapi gelombang bisnis saat pandemi ini.

Menurutnya, pemulihan ekonomi di Indonesia ini bisa dimulai dari UMKM.

Sebab jika UMKM tidak segera melakukan transformasi akan sangat tertinggal dari negara berkembang lainnya seperti Taiwan, Korea Selatan, dan Jerman.

Ketiga negara tersebut bahkan disebut telah mampu memenuhi kebuthan industri berteknologi tinggi.

"Bila tidak transformasi Indonesia akan tertinggal dari Taiwan, Jerman, atau Korea Selatan yang UMKMnya sudah suplai industri hi-tech," ujar Luhut ketika meluncurkan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Minggu (30/8/2020).

Dalam kesempatan yang sama Luhut juga mengatakan jika UMKM harusnya bisa lebih kreatif dengan tidak hanya menjual makanan dan baju saja.

"UMKM sekarang jangan cuma makanan atau fesyen saja, UMKM juga harus mulai melaukan transformasi ke hi-tech," terang Luhut.

Selain dari sisi UMKM, pembeli pun juga harus mulai lebih sadar akan adanya produk lokal.

Seiring instruksi Presiden Joko Widodo yang tegas menyatakan agar semua Kementerian dan Lembaga bisa membeli produk Indonesia sehingga betul mendorong UMKM.

"Sekarang kita mulai dari mamin, tapi tak boleh berhenti di sini. Inilah semangat bangga buatan Indonesia. Kita jangan hanya berbicara saja. Kita semua para pejabat tunjukkan kita beli produk Indonesia," jelasnya.

Dia menambahkan, Indonesia harus berpikir out of the box dalam memajukan UMKM. Adapun, tidak boleh bisnis as usual, terutama dalam pandemi ini dalam mendongkrak ekonomi Indonesia.

"Perlu kita lihat untuk bisa mungkin sampai pada tatanan lebih besar sehingga umkm dalam hight teknologi bisa mendapatkan peluangnya. Semua kita putar otak kita dan itu pesan saya ke anak muda dalam vidcall UMKM. Ayo kreasikan kreasi hebat kalian," jelasnya.

Related Posts